Mengelola Kemitraan yang Efektif untuk Pembangunan

Seiring dengan tren globalisasi yang terus berkembang, dunia profesional dihadapkan oleh berbagi kesempatan dan tantangan. Sektor swasta, publik, masyarakat sipil, dan akademisi tak luput dari fenomena ini. Salah satu langkah strategis yang dapat ditempuh untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut adalah dengan menjalin kemitraan. 

Kemitraan dapat dilakukan bagi pengembangan perusahaan, organisasi, maupun lembaga pemerintahan. Akan tetapi, kemitraan haruslah menjadi bentuk kerjasama yang melahirkan mutual benefit bagi para pihak.

Jargon mengenai "Kemitraan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan" sangat akrab ditelinga kita. Kalimat tersebut menjadi sangat sering diucapkan dikala satu pihak mengajak pihak lain untuk bekerjasama. Namun pada kenyataannya,masih banyak pihak yang kurang mengetahui arti kemitraan yang sebenarnya.

Membangun kemitraan di yakini menjadi salah satu mekanisme untuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh masing-masing pihak. Kolaborasi antar pihak dapat meningkatkan kesadaran lebih baik dan membangun jaringan yang lebih dinamis yang dapat mengubah konflik menjadi kerjasama. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk berbagi dan menggabungkan kemampuan antara organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan sebuah kemitraan. Membangun kemitraan kadang merupakan sebuah urusan yang mudah, namun bisa juga menjadi ‘batu sandungan’ dalam upaya kita mencapai suatu tujuan, tujuan bisnis atau lainnya. Banyak tantangan yang dihadapi dalam membangun sebuah kemitraan yang solid dan efektif.

Melalui pelatihan ini peserta diajak untuk memahami konsep membangun kemitraan dan kerjasama multi-pihak yang efektif dan cara menavigasi proses kemitraan atas dasar keterampilan yang piawai sebagai pendamping kemitraan.