Program Peningkatan Kapasitas

Salah satu misi IBL adalah membangun kapasitas para pekau bisnis dalam menjalankan praktik bisnis berintegritas di Indonesia. Selama 15 tahun belakangan, IBL berfokus pada pengembangan kapasitas pemuda sebagai calon pemimpin di sektor bisnis ataupun sektor lain. Program pengembangan ini telah dikembangkan untuk mempersiapkan dan memberdayakan pemuda untuk siap kerja (employability), maupun siap berwirausaha (entrepreneurship).

Pengembangan keterampilan khusus seperti memnbangun kemitraan, yang kini menjadi penting untuk bisnis, juga telah dilaksanakan pada tahun 2017.

IBL telah bekerja sama dengan beberapa organisasi, seperti International Youth Foundation, Youth Business International, ILO, OXFAM, Plan International, dan lainnya, serta dengan korporasi seperti Citi Foundation, Caterpillar Foundation, Accenture, dan dengan pemerintah, seperti Bappenas, Kemenaker, Kemendikbud, dan beberapa pemerintah kabupaten dan kota.

Pembangunan kapasitas membutuhkan intervensi mendalam untuk berkembang. Dengan pemikiran tersebut, IBL membuat program yang solid dan mampu bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan program di pilar integritas.

Program Utama

The EquipYouth Program Equip Youth meliputi Batam, karawang, bekasi (Cikarang, Cibitung, Bantar Gebang), dan Cileungsi. Demi mencapai hasil yang memuaskan, IBL banyak didukung oleh perusahaan dan institusi dari berbagai latar belakang untuk melakukan beberapa pelatihan, seperti pelatihan life skill dasar, pelatihan teknis, kunjungan ke perusahaan, penempatan kerja, dan forum diskusi antar Human Resources (HR).

Area
Batam dan Jawa Barat (Bekasi, Cikarang, dan Karawang)

Indonesia Business Links (IBL), dengan dukungan dari Accenture, melaksanakan program Muda Terampil Berusaha (MTB) di Karawang. Program ini bertujuan untuk menciptakan dan membantu para pengusaha muda untuk membangun dan menjalankan bisnis mereka agar terus berlanjut. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah Karawang yang mendorong pembangunan ekonomi Karawanng lewat kerwirausahaan.

Area
Karawang

Dengan bantuan dari JP Morgan Chase Foundation (JPMF), International Youth Foundation (IYF) dan Indonesia Business Links menyediakan pelatihan Informasi teknologi (IT) dan job skills untuk mahasiswa diploma IT dari universitas terpilih di Jakarta dan sekitarnya. tujuan utama dari program yang berlangsung selama 18 bulan ini adalah untuk meningkatkan peluang kerja dari para peserta program, dengan tujuan tambahan lannya yaitu meningkatkan respon dari “career centers” di Universitas terhadap lowongan kerja.

Area
Jakarta, Depok and Bekasi

Indonesia Business Links bersama dengan beberapa orgranisasi lain, seperti Aliansi Desa Sejahtera dan AKVO, terlibat dalam program Empower Youth for Work (EYW). Program ini merupakan program pengembangan ekonomi pemuda yang dikoordinasi oleh OXFAM. EYW bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah pesisir yang terkena dampak perubahan iklim, dengan cara memberdayakan kaum muda (khususnya perempuan) untuk mendapatkan kesempatan kerja dan peluang berwirausaha.

Area
Indramayu

Citi Indonesia, melalui payung insiatifnya yaitu Citi Peka (Peduli dan berkarya), yang mendukung banyak kegiatan sosial, berkolaborasi dengan Indonesia business Links, untuk mengurangi jumlah pengangguran lewat program Skilled Youth sejak Juni 2015. Program Skilled Youth ini bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan sumber daya pemuda dengan kualitas yang baik agar siap untuk masuk ke dunia industri, baik sebagai pegawai maupun sebagai wirausaha.

Area
Bekasi, Karawang

Aktivitas Terbaru

Job counseling at SMKN 1 Batam

Bursa Kerja Khusus (BKK) Workshop in Batam

Company visit to Caterpillar Indonesia, Batam

Stakeholders Forum in Karawang

Life Skills Training

IT Skills Training

Career coaching

Training of Trainers (ToT) for Vocational School Teachers and Entrepreneur in Indramayu

the entrepreneurship exhibition in the ” Pesta Rakyat Malam Tahun Baru” at the Circuit Technomart Karawang on December 30th until December 1st, 2016. The beneficiaries shown their improved product after joined MTB program.

Entrepreneurship Training

Youth Week