- November 27, 2024
- Posted by: Admin IBL
- Category: IBL News

Indonesia Business Links (IBL) bersama Accenture Indonesia mengadakan program Scale UP – UMKM Naik Kelas, yang telah dilaksanakan dari tahun 2022. Program ini sudah menjangkau lebih dari 100 UMKM di wilayah Indonesia dan telah memberikan dampak positif kepada para penerima manfaat dalam menjalankan usahanya terutama dalam strategi pemasaran digital.
Di tahun 2024, program Scale UP berfokus untuk merevitalisasi Rumah Muda Terampil (RMT) di Mojokerto, Jawa Timur dan Muara Gembong, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan agar kedua RMT tersebut dapat terus menjadi komunitas mandiri dan berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.
Rangkaian kegiatan pendampingan dari mulai coaching clinic hingga pelatihan teknis untuk peningkatan kapasitas sudah dilakukan. Para RMT menyadari bahwa sosial media penting untuk jangka panjang dan perlunya regenerasi kepada anggota yang muda-muda untuk dapat meneruskan RMT ini.
Dari kegiatan montoring yang sudah dilakukan, ada dua hal penting untuk pengembangan sosial media tersebut: 1) pengembangan sumber daya manusia terkait dengan peningkatan skills atau keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan sosial media; dan 2) sumber dana terkait untuk promosi produk untuk jangkauan yang lebih luas dengan iklan berbayar (ad-sense).
Dari hasil evaluasi program yang sudah dilakukan, pendampingan teknis untuk optimalisasi konten pemasaran digial masih terus dibutuhkan untuk para UMKM tersebut. Bukan hanya terkait untuk membuat produk akhir saja, tetapi juga mulai dari penggalian ide yang lebih dalam untuk bisa memanfaatkan sosial media secara maksimal untuk kepentingan bisnisnya.