Memanfaatkan Sosial Media sebagai Strategi Marketing

Era digital saat ini telah banyak mengubah tren penjualan produk dan jasa di kalangan masyarakat. Sudah banyak para pemilik usaha memanfaatkan platform digital tersebut untuk mempromosikan dan menawarkan produk mereka. Hal ini tentunya mempermudah para pemilik usaha pemula dengan modal terbatas yang mungkin belum mampu mengeluarkan biaya sewa tempat usaha. Media internet memungkinkan mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Di sisi lain, kemudahan ini membuat persaingan dalam penjualan produk dan jasa menjadi sangat kompetitif. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dan efektif dalam melakukannya.

Indonesia Business Links yang didukung penuh oleh Citi Indonesia melalui program Skilled Youth, menyadari bahwa para wirausaha muda yang relatif baru memulai usahanya tentu sangat membutuhkan informasi mengenai strategi pemasaran secara digital. Untuk itu, IBL mengadakan pelatihan digital marketing yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait strategi digital marketing yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan wirausaha muda pemula.

Pelatihan digital marketing ini dibagi dalam empat pertemuan untuk mengakomodir peserta yang berasal dari empat kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Bandung, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Kegiatan dilakukan selama kurun waktu satu minggu, yakni sejak tanggal 2 hingga 9 Mei 2020. Materi pelatihan disampaikan oleh praktisi bidang digital marketing yang juga Chief Marketing Officer Lokapoin, sebuah aplikasi pemesanan berbasis video untuk homestay, Keke Genio. Pelatihan online yang dilakukan secara interaktif ini dilengkapi dengan tutorial-tutorial singkat mengenai pembuatan logo, desain akun instagram, serta strategi branding dan promosi produk.  Tidak kurang dari 180 orang peserta program yang berasal dari berbagai macam sektor usaha antusias mengikuti pelatihan ini. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta program dapat terinformasi mengenai strategi melakukan pemasaran secara digital yang efektif dan tepat sasaran.

Sumber lain: https://ibl.or.id/skilled-youth/memanfaatkan-sosial-media-sebagai-strategi-marketing/