TENTANG MUDA TERAMPIL

Muda Terampil merupakan program pemberdayaan ekonomi pemuda dari Indonesia Business Links (IBL) dengan tujuan untuk memberikan pembekalan softskill atau pembentukan karakter anak muda dan keterampilan kewirausahaan. Program ini bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat lokal dan berdampak positif terhadap sosial dan lingkungan.

CAPAIAN KAMI

402
Penerima Manfaat
139
Dilatih Softskill
64
Dilatih Teknik Warna Alam
52
Dilatih dan Didampingi Bisnisnya​
8
Kelompok Usaha Bersama

TESTIMONIAL

Alhamdulillah setelah mengikuti kegiatan pelatihan di RMT saya sekarang memiliki keterampilan ecoprint dan sasirangan yang sangat bermanfaat untuk pengembangan kreasi fashion di desa saya, Bejijong. Semoga RMT terus berkembang dan semakin banyak kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, khususnya untuk kami para perajin.

Nirwana Chandra
Penerima manfaat program RMT 2, berasal dari Desa Bejijong, Kabupaten Mojokerto.

Saya senang belajar batik dan belum pernah menggunakan warna alami, maka saya sangat tertarik belajar disini. Alhamdulillah dari pelatihan di RMT ini, saya bisa mendapat keterampilan teknik warna alam dan ilmu yang saya dapatkan akan saya ajarkan kepada anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah tempat saya mengabdi.

Dengan keterampilan teknik warna alam ini dan pendampingan tim RMT saya akan memulai usaha batik warna alam bersama anak-anak didik saya.

Asri
Penerima manfaat program RMT 2, berprofesi sebagai guru SLB.

Saya senang mengikuti progam RMT mulai dari soft skills, technical skill membuat seni kreatif menggunakan pewarna alam sehingga menjadi kain menjadi cantik. Di sela-sela kuliah saya juga mengikuti Pelatihan Manajemen Bisnis seperti membuat Business Canvas Model, Digital Marketing, Teknik Foto Produk dengan Menggunakan HP, Packaging, kunjungan usaha.

Kami juga mendapatkan pendampingan bisnis sehingga dapat berkonsultasi dengan para Mentor sehingga percaya diri dalam memulai usaha.

Nuril Mifthaqul Janah
Mahasiswi IAI Uluwiyah Mojokerto

Selama mengikuti program Rumah Muda Terampil ini saya lebih percaya diri dan kreatif. Saya juga sangat senang mendapatkan ilmu pewarnaan alam yang luar biasa yang digunakan untuk tekstil sehingga kain yang kamu hasilkan tidak hanya indah tapi juga ramah lingkungan” kata Erni Susanti.

Menurutnya ilmu kewirausahaan pada Program RMT juga sangat lengkap. Tidak hanya ilmu teknis dalam pewarnaan alam, namun juga dibekali dengan ilmu manajemen wirausaha seperti membuat Business Canvas Model, Digital Marketing, Teknik Foto Produk dengan Menggunakan HP, Packaging, kunjungan usaha. Kami juga mendapatkan pendampingan bisnis sehingga dapat berkonsultasi dengan para Mentor dalam membangun usaha.

Erni Susanti
Ibu Rumah Tangga, Anggota SE Juwana Juwono

Saya mendapat banyak inspirasi saat mengikuti pelatihan soft skill RMT. Banyak perubahan sikap saya yang lebih positif misalnya lebih sopan dan mengontrol emosi dan kreatif. Selain mendapat pelatihan soft skills yang bermanfaat dalam membangun karakter, saya juga sangat senang mendapatkan pelatihan dalam pewarnaan alam. Mulai dari menanam tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pewarna alam, teknik pewarnaan dengan cara dicelup (Shibori) dan Eco Print.

Riki Andreawan
Mahasiswa IAI Uluwiyah Mojokerto
LIHAT SEMUA BERITA

BERITA TERBARU

  • Pembekalan Strategi Keberlanjutan Rumah Muda Terampil

    Melalui rekam jejak perjalanan pemberdayaan wirausaha selama lebih dari 20 tahun, IBL menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inovatif dan inklusif di Indonesia melalui kegiatan untuk pengembangan kapasitas kewirausahaan generasi muda. IBL konsisten membantu UMKM dalam mengakses kebutuhan untuk berkembang dan memperkuat kapasitas mereka melalui pelatihan soft skills dan keterampilan lain yang diperlukan untuk kompetensi ketenagakerjaan dan […]

    Continue reading
  • Inovasi Pengembangan Produk Rumah Muda Terampil

    Kunjungan Indonesia Business Links (IBL), yang diwakili oleh Fahmi Tibyan, Associate Program Manager Rumah Muda Terampil (RMT) Mojokerto ke galeri Morfby, yang bertempat di Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut, IBL bertemu dengan Makhbub Junaedi atau yang akrab disapa Pak Jun, yang merupakan pemilik galeri Morfby dan mantan Ketua Koperasi Intako yang juga […]

    Continue reading