Desain Kemasan untuk Penciptaan Nilai Tambah Produk

Sektor Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia saat ini diramaikan dengan berbagai produk unik dan kreatif. Namun, tidak sedikit diantaranya yang memiliki kesamaan produk yang ditawarkan. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha untuk mengupayakan agar produk mereka lebih menarik daripada yang lainnya. Selain dengan membangun branding yang efektif, mendesain kemasan produk yang menarik juga menjadi strategi penting untuk menarik calon pembeli.

Untuk memaksimalkan potensi produk yang dimiliki oleh para pengusaha muda penerima manfaat program Skilled Youth fase 4, Indonesia Business Links (IBL) dengan dukungan penuh oleh Citibank Indonesia melaksanakan workshop virtual dengan tema: “Desain Kemasan untuk Penciptaan Nilai Tambah Produk” pada tanggal 17 Juni 2020. Workshop ini membahas tentang teknik merancang kemasan (packaging) dengan pertimbangkan Keunggulan Nilai Penawaran atau USP (Unique Selling Preposition) pada produk.Selain itu, peserta juga diberikan tips and trick bagaimana meningkatkan kualitas kemasan yang disesuaikan dari aspek segmentasi pelanggan, secara fungsional dan aspek estetis sehingga dapat mendongkrak penjualan.

Arief Budiman, CEO Petakumpet Creatif Lab, hadir sebagai narasumber pada workshop tersebut. Beliau membagikan pengalamannya tentang bagaimana menciptakan nilai tambah sebuat produk dengan cara mengajak berdiskusi dan membahas langsung akun instagram masing-masing peserta wirausaha program SY 4 yang dipakai untuk menjual produknya.

Workshop ini diikuti sebanyak 180 peserta penerima manfaat program Skilled youth fase 4 dari seluruh daerah sasaran, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, serta Kota dan Kabupaten Bekasi. Salah satu peserta dari Kota Bekasi mengatakan bahwa banyak informasi dan pengetahuan segar terkait teknik pengemasan yang didapatkan dari kegiatan ini. Harapannya, semoga dampak positif ini juga dirasakan oleh seluruh peserta yang juga mengikuti workshop.

Post a comment