Etika Bisnis serta Diskusi mengenai Perizinan dan Peran Pemerintah dalam Membina Wirausaha Muda (khusus Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung)

Peserta program Skilled Youth yang merupakan entrepreneur muda dan sebagian besar baru memulai bisnis, tentunya masih memerlukan banyak informasi yang berkaitan dengan pengembangan usaha. Indonesia Business Links yang didukung penuh oleh Citi Indonesia melalui program Skilled Youth telah banyak memberikan pelatihan – pelatihan demi memenuhi kebutuhan tersebut. Selain pelatihan yang bersifat pengembangan keterampilan berbisnis, IBL merasa bahwa peserta juga perlu memiliki pengetahuan mengenai etika bisnis, yang harus selalu diingat dan diterapkan dalam setiap pengambilan langkah atau keputusan mereka dalam berbisnis.

Penerapan etika bisnis bagi entrepreneur muda dapat dimulai dengan pengurusan perizinan usaha mereka. Hal ini merupakan bentuk ketaatan usaha mereka terhadap aturan pemerintah. Selain itu, peserta program yang berasal dari berbagai daerah ini tentu juga memerlukan informasi mengenai program – program pemerintah daerah yang dapat membantu mereka sebagai wirausaha muda.

Setelah melaksanakan webinar etika bisnis dan perizinan usaha pada akhir September lalu, IBL mengadakan kembali webinar: “Etika Bisnis, Perizinan Usaha dan Pemaparan Program Pemerintah Daerah untuk Wirausaha Muda, khusus untuk daerah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung, pada tanggal 10 Oktober 2020.

Materi Etika Bisnis disampaikan oleh Mohamad Fahmi, Associate IBL sekaligus pemerhati integritas bisnis dan pemberdayaan anak muda. Pada paparannya, beliau menyampaikan pentingnya penerapan etika dalam berbisnis untuk mencapai kesuksesan. Pada sesi ini, para peserta program Skilled Youth Fase 4 diajak berdiskusi melalui studi kasus terkait penerapan etika dilingkungan masing-masing peserta. Tujuan dari diskusi ini agar para peserta memahami pengertian etika bisnis dan secara sederhana mampu mengaplikasikan etika dalam kegiatan berusaha.

Sesi berikutnya pemaparan dari masing-masing perwakilan pemerintah daerah, yaitu: Ahmad Nizar, M.Si., Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta; dan Agus Firman Zaini, M.Si., Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung.

Melalui kegiatan ini diharapkan para penerima manfaat program Skilled Youth fase 4  dapat memahami pentingnya mempertimbangkan etika dalam menjalankan bisnis dan mendapat informasi terkini mengenai perizinan usaha dan program pemerintah untuk wirausaha muda di masing-masing daerah.

Post a comment