Job Counseling: Memahami budaya kerja dan menghadapi tantangan di dunia kerja

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan program Skilled Youth fase 4 dalam fokus kesiapan kerja, Indonesia Business Links (IBL) menyelenggarakan kegiatan Job Counseling yang bertujuan untuk mempersiapkan para peserta dalam menghadapi tantangan saat mencari kerja dan memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

Di tengah situasi pembatasan sosial seperti saat ini, IBL memanfaatkan media seminar virtual untuk tetap memastikan para penerima manfaat program Skilled Youth dapat tetap mendapatkan informasi dunia kerja sebelum masuk di perusahaan. Kegiatan Job Counseling secara virtual telah dilaksanakan pada tanggal 18 – 25 April 2020 di tiga daerah: Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 530 peserta yang telah lulus mengikuti Soft Skills Training. Peserta – peserta tersebut berasal dari SMK Negeri 1 Bekasi, SMK Negeri 1 Cikarang Barat, SMK Mitra industri, SMK Negeri 2 Kota Bekasi, SMK catur global, SMK Teratai putih global 4, SMK Al-Muhtadin, SMK Negeri 2 Karawang, SMK Bina Karya 1, SMK Bina Karya 2, SMK PGRI Telagasari, SMK Negeri 1 Purwakarta dan SMK Purnawarman Purwakarta.

Hadir sebagai narasumber adalah para praktisi Human Resource yang berasal dari berbagai macam industri, diantaranya Sony Bagus Perkasa dan Agus Mulyawan dari industri manufaktur; Dewi Kristiani dari industri makanan dan minuman kesehatan; dan Keisha Carynda dari industri perbankan berskala global. Para narasumber berbagi informasi kepada para penerima manfaat program Skilled Youth mengenai tahapan – tahapan rekrutmen kerja termasuk tips yang bermanfaat dalam mengikuti prosesnya, serta mengenai budaya kerja di perusahaan.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan dapat semakin percaya diri dalam mengikuti seleksi kerja di perusahaan, tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan dan tantangan di dunia kerja, serta dapat memahami budaya kerja.

Post a comment