Pelatihan menggali ide bisnis dan membuat Business Model Canvas (BCM)

Di minggu ke-2 maret, tim program Skilled Youth melaksanakan pelatihan BCM untuk para wirausaha muda di daerah Muara Gembong, Cibeureum dan Karawang. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan soft skills yang sudah dilaksanakan. Business Canvas Model pada dasarnya merupakan alat untuk membantu melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang atau akan dijalani. Dengan model ini, kondisi bisnis bisa dipantau dan berisi detail elemen-elemen kunci apa saja yang terkait di dalamnya. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta semakin siap membangun, menjalankan rencana, dan mempertahankan serta mengembangkan bisnis masing-masing.


Suhandi, pemuda dari Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong, mengatakan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia yang menjadi aktor penting dalam pembangunan. Materi yang dibawakan sebenarnya sangat sederhana, kita sering mendengar atau bisa mendapatkan itu semua melalui channel Youtube atau buku-buku motivasi, namun karena kita dibawa langsung ke studi kasus, bermain drama dan mempresentasikannya, membuat materi yang disampaikan terasa lebih kena.  Sehingga materi yang disampaikan dalam pelatihan sangat berguna tidak hanya di organisasi dan usaha namun juga di kehidupan pribadi tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Asep Wahyu, pemuda Desa Cibeureum yang mempunyai cita-cita memajukan desanya melalui peran pemuda. Sarjana pertanian yang mempunyai profesi fotografer ini sangat terkesan dengan pelatihan ini, karena mendapatkan banyak teman untuk berbagi pengalaman dan pengayaan untuk pengembangan karakter menjadi lebih baik. “Pegiat wirausaha muda sangat memerlukan pelatihan seperti yang diadakan Skilled Youth karena sangat lengkap, tidak hanya mendapatkan pelatihan soft skills, namun juga diberikan serangkaian pelatihan mengelola bisnis serta pendampingan bisnis. Saya juga berharap dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan sehingga dapat bermanfaat kepada karyawan dan masyarakat Desa Cibeureum”, pungkasnya.

Post a comment