Saat ini pemasaran digital sedang membanjiri dunia. Slogan Dunia dalam genggaman berlaku pada hampir setiap proses usaha, termasuk diantaranya dalam proses memasarkan produk. Kondisi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi pelaku usaha agar produk yang dibuat dapat dinikmati tidak hanya antar pulau di Indonesia, namun juga antar negara.
Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja ada beberapa solusi dan platform yang dapat dimanfaatkan. Program Skilled Youth 5 berupaya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan terkait perluasan pasar tersebut melalui kegiatan Sosialisasi Perluasan Akses Pasar Melalui Market Place.
Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat pada tanggal 13 November 2021 di Perpustakaan Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hadir sebagai narasumber, yaitu Billy Octaflorian, Business Development Kampus UMKM Shopee Ekspor, dan Alfian Arasy, Business Development SME kampus UMKM Shopee Ekspor.
Sebanyak 25 peserta yang merupakan pelaku usaha dan penggerak desa di Kabupaten Purwakarta berpartisipasi aktif pada acara tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat memahami hal – hal yang perlu dipersiapkan untuk menembus pasar global dan bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Business Links dengan dukungan penuh dari Citi Foundation.